Berita

WAG PEI | Jangan Berharap Job Events Disini

Semua setara karena kita semua insan Pekerja Event

daripanggung.com – Ketika dihadapkan dengan situasi harus memutuskan ‘membeli’, mungkin secara sederhana karena apa yang kita cari dan butuhkan bisa terpenuhi. Apalagi jika ‘penjual’ itu hadir sebagai solusi kepada kita dengan layanan one stop shopping, tentunya akan lebih efisien dari segi waktu dan biaya yang harus kita anggarkan.

Kondisi inilah yang akan penulis coba analogikan ke sebuah WhatsApp Group “Pekerja Event Indonesia”. Jika orang-orang yang menjadi anggota di grup ini bersinergi menjadi sebuah perusahaan yang memberikan jasa layanan events, tentu tidak akan cukup berkantor di sebuah gedung 5 lantai.

Lantai paling bawah akan dibiarkan tanpa sekat dan akan difungsikan sebagai workshop untuk pengerjaan produksi panggung ataupun booth pameran, 1 lantai lagi akan di fungsikan sebagai lab audio visual, kemudian gudang, studio, ruang meeting dan ruangan lainnya akan ada di lantai-lantai berikutnya.

Menjadi imajiner dan tak berujung jika berandai-andai dari grup yang super lengkap ini. Betapa tidak, semua anggota lengkap dari berbagai bidang keahlian dan profesi ada di dalamnya. Tapi kesemua beda itu tetap dalam koridor sebagai orang-orang yang bergelut di industri acara / pertunjukan di Indonesia. Sebut saja beberapa nama besar di dalam WAG PEI ini: Bobby GRG, Panca dan Tetty dari Xstar Management, Donny dari Visual Rangers, Benny Cappella, Botzky dari HausJob Show Management, Dian dari ESV, Miki, Indah, Mulkan dari Intro Production, Syida dari Avant Garde, Jio dari Rumah Lucu, Kristi, Safik SPL, Hamzah dari Karindo LED, Purnama dari Princess, WIn dari Sound Vision, Thero dari Momototoy Communications, Vidi dari Avant Garde, Yudi dari Arjuna Production – Solo, Dede dari CS Pro, Ucax dari sewatoilet.com, Tony dari TSA, Widi dari Patria Production – Bali, Inuh dari Palembang, Herry dari Blitz Productions.

Baca juga: Spesialis Multimedia dan Animasi

Foto Dok. PEI
Foto Dok PEI

Dan masih banyak nama-nama lain yang tidak mungkin di urut satu persatu. Karena kalau di bahasakan dengan kelompok grup, WAG PEI ini ada 1 sampai 3. Bayangkan jika 1 kelompok itu ada 250-an anggota aktif, tidak akan cukup waktu mengurai 750 orang dalam satu artikel ini.

Walaupun anggota yang telah bergabung di WAG PEI ini rata-rata sudah bersama kurang lebih sekitar 3 tahun, tapi semua anggota tidak pernah membahas pekerjaan disini. Padahal notabene, mereka dari industri yang sama. Jadi seandainya ada pekerjaan yang saling terkait dan bisa dilakukan antar sesama anggota, mereka akan berinteraksi via japri untuk membahas lebih lanjut. Toh masing-masing sudah saling mengerti tentang produk dan jasanya masing-masing.

Penulis bisa tarik suatu kesimpulan, bahwa fungsi dari WAG PEI ini malah menjadi sebuah rumah. Suatu tempat yang menjadi tujuan untuk pulang. Karena para anggota ini masing-masing memiliki aktifitas di tempat masing-masing, tapi kapanpun mereka penat dengan semua itu, mereka pasti akan merindukan pulang ke WAG PEI, rindu celoteh dan keceriaan disini. Para anggota ini merasa menemukan kebebasan untuk sementara terlepas dari aktifitasnya.

Di WAG PEI ini bisa bebas bicara apapun, diluar SARA dan politik, dan juga bukan sesuatu yang menimbulkan ketersinggungan satu sama lain,  tapi bukan berarti mudah juga untuk bergabung. Seperti yang di ungkap Panca “Ngantri yang mau masuk ke grup ini, banyak dari temen-temen pekerja events lain yang mendapatkan info tentang grup ini dari mulut ke mulut, dan menitipkan kepada admin untuk meng-invite jika tersedia slot. Dan hebatnya lagi, semua member disini adalah admin, jadi mereka masing-masing bisa meng-invite member baru, atau jika mau left diri sendiri”. Lelaki yang telah terjun di dunia events selama hampir 30 tahun ini pun melanjutkan kisah awal mula membentuk grup ini “Karena gua pengen ada kesetaraan diantara kita para pekerja events, siapapun mereka, tidak memandang pangkat dan golongan dari sisi bisnis dan perusahaan. Yang jelas kita semua adalah insan pekerja seni. Jadi gua berharap disini kita bisa berinteraksi dan merasa dekat. Mungkin ada kalanya harus menggunakan bahasa yang ‘nyeleneh’, tapi itu semua bertujuan untuk mencairkan suasana, supaya kita merasa semua sama dan bisa terjalin keakraban”.

Foto Dok. PEI

Ia pun menambahkan, “Pertemuan-pertemuan kecil mungkin sering terjadi di beberapa anggota, tapi untuk skala nasional kita juga selalu mengadakan gathering secara berkala. Saat seperti ini kita bisa berkumpul secara nyata dengan banyak anggota-anggota lain dari daerah seluruh Indonesia. Kita berkenalan, saling berbagi info tentang apapun dengan suasana penuh keakraban. Tahun ini yang akan kita selenggarakan adalah Gathering Pekerja Event Indonesia yang ke-3”.

Foto Dok. PEI

Suasana keakraban dan kebersamaan yang sangat kuat sesama anggota PEI ini terbukti dari selalu mendapat apresiasi dari banyak pihak. Dari beberapa kali pelaksanaan acara gathering nasional ini, selalu mengundang minat dari pengisi-pengisi acara yang sudah memiliki nama besar untuk bisa ikut tampil menghibur di acara tersebut. Dan gathering tahun ini akan dimeriahkan oleh penampilan Drive, juga komedian Abdel serta Jarwo Kuat, dan lain-lain.

Baca Juga: Silaturahmi & Gathering Nasional Pekerja Event Indonesia Ke-3 2019

Semoga pelaksanaan gathering ke-3 di tahun ini terlaksana dengan baik, lebih heboh dari tahun-tahun sebelumnya. Dan dengan kesetaraan didalamnya, dapat semakin terjalin rasa kebersamaan semua anggota, menjadikan WAG PEI ini semakin solid dan mendatangkan manfaat bagi pekerjaan masing-masing anggotanya secara nyata dikemudian hari. (danny fe)

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close
Close