Berita

AMBANG BATAS TELINGA MANUSIA TERHADAP BUNYI

Secara umum, batas kritis pendengaran manusia adalah 90 dB dan jika mendengarkan di atas batas tersebut, maka bagian dalam telinga akan merasakan sakit yang teramat sangat.

daripanggung.com – Rata-rata, seseorang yang sudah pernah mendengarkan suara atau bunyi mendekati batas kritis, maka menurut WHO akan ada perubahan emosi yang akan ditunjukkan, seperti mudah marah atau tersinggung, mudah mengalami stres, susah tidur, tiba-tiba memiliki gangguan kardiovaskular, sampai gangguan pencernaan dan pernafasan.

gambar ilustrasi

WHO merilis bahwa, setiap manusia hanya disarankan untuk dapat mendengar dengan batas maksimal yaitu 55 dBA atau desibel imbang. Kenapa begitu rendah? Hal ini disebabkan karena kepekaan setiap telinga akan frekuensi yang diterimanya berbeda-beda.

Memahami Proses Mendengar

Proses mendengar diawali dengan suara yang ada di sekitar, berupa getaran atau gelombang, ditangkap oleh telinga bagian luar. Kemudian getaran diteruskan ke saluran telinga sehingga memberi tekanan atau pukulan pada gendang telinga (membran timpani). Ketika gendang telinga bergetar, maka getarannya akan diteruskan ke tulang pendengaran.

Tulang pendengaran akan memperkuat getaran ini dan mengirimkannya ke telinga bagian dalam. Saat mencapai telinga bagian dalam, getaran akan diubah menjadi impuls listrik dan dikirim ke saraf pendengaran pada otak. Otak lalu akan menerjemahkan impuls ini sebagai suara.

Perlu diketahui bahwa telinga tidak hanya berfungsi sebagai organ utama indera pendengaran, namun juga berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh. Fungsi-fungsi tersebut secara khusus didukung oleh kerja sama dengan organ lain.

Beberapa organ yang saling terkait dalam menjaga fungsi keseimbangan tubuh adalah:

  • Telinga bagian dalam.
  • Berbagai reseptor tubuh, seperti kulit, persendian, dan otot.
  • Mata.

Organ-organ tersebut akan menerima informasi mengenai posisi tubuh, dan mengirimkannya ke otak untuk diproses. Dengan begitu, otak dapat mengatur arah kepala dan gerakan tubuh untuk menyesuaikan.

Bagian-Bagian Telinga Manusia

Dengan memahami proses mendengar, diharapkan kita semua akan semakin cermat dalam merawat kesehatan dan kebersihan organ pendengaran, baik yang tampak dari luar maupun tidak.

Apabila ada keluhan pada telinga Anda, seperti telinga berdenging, berkurangnya kemampuan mendengar (misalnya tuli, seperti tuli konduktif), atau nyeri pada telinga, segeralah periksakan ke dokter THT agar dapat ditangani sebelum kondisinya bertambah parah.

Mengapa telinga manusia dapat mendengar dengan baik?

Pernahkah terpikir mengapa kita, sebagai manusia, bisa mendengar suara dengan jelas? Selain peran telinga, apa yang membuat anggota tubuh ini bisa bekerja dengan baik untuk menangkap bunyi-bunyian?

Jonathan Sellon, seorang profesor di Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan penulis utama studi baru di jurnal Physical Review Letters, mengungkapkan bahwa ada gumpalan jaringan tipis seperti “Jell-O” yang berputar di telinga bagian dalam manusia dan membantu gelombang suara mencapai reseptor saraf spesifik yang dibutuhkan untuk melakukan kontak dengan otak. Gumpalan ini dikenal sebagai membran tektorial.

“Membran tektorial adalah jaringan seperti agar-agar yang terdiri dari 97 persen air,” Sellon mengatakan kepada Live Science, yang dikutip pada Rabu (20/2/2019). “Letaknya berada di atas reseptor sensorik kecil, di telinga bagian dalam (atau koklea) yang menerjemahkan gelombang suara menjadi sinyal listrik yang dapat ditafsirkan oleh otak kita.”

Sel-sel reseptor sensorik telinga bagian dalam (juga dikenal sebagai sel-sel rambut), dengan ujung-ujungnya masuk ke dalam selaput lengket membran ; bekerja di dalam bundel di sepanjang koklea, masing-masing dibangun untuk merespon bunyi terbaik dalam berbagai frekuensi yang berbeda.

Frekuensi tinggi paling baik diterjemahkan oleh sel di dasar koklea, sementara frekuensi rendah diterjemahkan paling baik di bagian atas koklea. Reseptor berbulu ini memungkinkan manusia normal mendengar ribuan frekuensi suara yang berlainan.

“Membran tektorial sebenarnya membantu koklea memisahkan suara frekuensi rendah dari suara frekuensi tinggi,” kata Sellon. “Cara melakukannya adalah dengan ‘menyetel’ kelenturannya sendiri, seperti senar pada instrumen”.

Sellon dan rekan-rekannya mengekstraksi beberapa membran tektorial dari tikus percobaan. Dengan menggunakan probe (alat bedah ujung tumpul yang digunakan untuk mengeksplorasi luka atau bagian tubuh) kecil, para peneliti menggoncangkan membran dengan beragam kecepatan untuk mensimulasikan bagaimana gel tersebut bisa mendorong sel-sel rambut dalam menanggapi frekuensi suara yang berbeda.

Tim riset menguji serangkaian frekuensi antara 1 hertz dan 3.000 hertz, kemudian menulis beberapa model perhitungan untuk memperkirakan hasil frekuensi yang lebih tinggi, manusia biasanya dapat mendengar antara 20 hertz dan 20.000 hertz.

Secara umum, gel tersebut muncul dalam bentuk kaku di dekat pangkal koklea, di mana frekuensi tinggi diambil dan sedikit lebih luwes di puncak koklea di mana terdapat frekuensi rendah.

HQ – gambar ilustrasi

“Jadi hampir seolah-olah membran itu secara dinamis menyetel dirinya sendiri, seperti alat musik, gitar atau biola, saat kamu dapat menyetel senar menjadi lebih tinggi atau rendah, kaku atau luwes, tergantung pada frekuensi atau musik yang ingin nyanyikan,” ucap Sellon.

Hingga Frekuensi berapa telinga manusia sanggup mendengar bunyi?

Manusia mendengar bunyi saat gelombang bunyi, sampai ke gendang telinga manusia. Diketahui, manusia rata-rata bisa mendengar bunyi di rentang 20 Hz hingga 20 kHz, pada amplitudo berbagai variasi dalam kurva responsnya.

Suara di atas 20.000 Hz disebut ultrasonik dan di bawah 20 Hz disebut infrasonik.

Namun, karena kemampuan setiap orang berbeda-beda, jangan memaksakan diri mendengar sampai akhir dengan volume full untuk menghindari kerusakan pada telinga.

Jika kamu tak mendengar apa pun di bawah 40-50Hz di volume penuh, kemungkinan ada yang salah dengan perangkat audiomu, yaitu tidak bisa memutar bunyi di frekuensi rendah. Jika kamu mengalami tuli sesaat saat mendengar bunyi frekuensi tinggi, jangan menambah volume untuk alasan keamanan. (danny fe)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close