Berita

PELATIHAN DAN SERTIFIKASI OPERATOR PLTD/GENSET

Menjadikan SDM Berkualitas dan Memiliki Daya Saing

daripanggung.com – “Harapan dari Pelatihan Operator Genset ini adalah supaya nantinya semakin banyak Operator Genset di Indonesia yang bersertifikat, selain itu juga menjadi pengakuan dan penghargaan profesi mereka di masyarakat” tutur Agus Salim ketua Ikatan Engineers Indonesia (IKEI) dalam sambutannya ketika membuka Pelatihan dan Sertifikasi Operator PLTD / Genset gelombang ke-2 yang di gelar tanggal 16-17 November 2019 kemarin di Hotel Ibis Gading Serpong.

Pelatihan yang diikuti oleh 31 orang peserta yang adalah mereka-mereka yang berprofesi sebagai operator genset dari berbagai institusi ini mengacu kepada beberapa dasar hukum, antara lain :

  • UU No. 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan.
  • UU No. 13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan.
  • Permenaker RI No. 38 Tahun 2018 tentang Akreditasi dan Sertifikasi Listrik.

“Dalam 2 (dua) hari ini seluruh peserta akan mengikuti ujian tertulis (teori) dan juga ujian praktek yang akan di kawal oleh 3 (tiga) orang assessor” demikian diungkap oleh Dityo Pramono, salah satu Assesor Kompetensi dari PT. Sertifikasi Kompetensi Mandiri.

Pengukuran Beban Tenaga Generator (Gambar Ilustrasi)

Reaksi positif dari seluruh pihak terkait, khususnya para pengguna profesi Operator Genset dari berbagai industri, seperti Hotel, Gedung Perkantoran, Rumah Sakit, dan sebagainya dapat terlihat dari kepuasan seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini.

“Saya bersyukur mendapat banyak ilmu bermanfaat selama mengikuti pelatihan ini, kita jadi memahami harus bagaimana solusinya ketika terjadi masalah dilapangan” tutur Usep Saparudin salah satu peserta yang di utus oleh RSU Kabupaten Tangerang tempatnya bekerja. Kemudian Usep menambahkan “Dari 6 (enam) Operator Genset di RSU Kabupaten Tangerang, baru 4 (empat) orang yang bersertifikat”.

Macam-macam Panel Genset dan Fungsinya (Gambar Ilustrasi)
Skema Ruang Genset dan Trafo (Gambar Ilustrasi)

Jadi memang dapat disimpulkan, sertifikasi profesi seperti ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, supaya lebih memiliki daya saing.

Agus Salim-pun menegaskan sambal menutup obrolan kami “memang menjadi tugas kami dari IKEI untuk meningkatkan kualitas dari para Operator PLTD / Genset, tapi saya mengharapkan untuk kedepannya pemerintah juga berperan aktif untuk memfasilitasi kegiatan seperti ini, karena peran para Operator Genset ini sangat berpengaruh terhadap seluruh kegiatan operasional di hotel, rumah sakit maupun gedung-gedung bertingkat, juga kelancaran suatu acara”. (danny fe)

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close